4 Alasan Kenapa Produk Luar Lebih Disukai Konsumen Indonesia

538 ‎مشاهدات

Pernah mendengar globalisasi ekonomi? Kegiatan ekonomi dan perdagangan secara global antara negara satu dengan negara lainnya yang tidak terikat dalam suatu batasan, atau biasa dikenal perdagangan bebas. Globalisasi ekonomi saat ini sedang berlangsung di Indonesia dan memiliki dampak positif dan juga negatif bagi perekonomian. Dampak positifnya tentu karena terbukanya pasar Internasional, kesempatan kerja akan lebih terbuka dan devisa Negara pun akan ikut meningkat. Namun, dampak negatif dari globalisasi ini adalah terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri yang memengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia.

4 Alasan Kenapa Produk Luar Lebih Disukai Konsumen Indonesia

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menilai bahwa saat ini masyarakat Indonesia belum menunjukkan dukungannya terhadap produk lokal, terutama UMKM. Bahkan, kebanyakan dari mereka lebih memilih menggunakan produk luar dibanding produk lokal. Pernahkah Anda tahu apa penyebabnya?

Produk dengan Kualitas Rendah

Banyak dari konsumen Indonesia tidak memilih produk dalam negeri dengan alasan produk lokal memiliki kualitas yang rendah dengan harga yang cukup tinggi. Namun, dengan memilih produk luar, mereka bisa mendapatkan produk dengan kualitas tinggi dengan harga yang sebanding.

Baca juga :   Password Facebook Bakal Digantikan oleh Wajah?

Kemasan yang Kurang Menarik

Kemasan adalah salah satu hal yang dapat menarik daya beli konsumen. Produk luar negeri biasanya akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengemas produknya dengan manis dan biaya tersebut biasanya lebih besar dibanding biaya untuk produknya sendiri. Dan sebaliknya, bisnis lokal akan memilih untuk mengurangi tampilan manis pada kemasan produknya dengan alasan untuk menekan harga produknya agar tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk luar.

Kurangnya Inovasi Produk

Produk luar negeri biasanya akan memberikan inovasi baru untuk menarik pelanggannya. Sedangkan bisnis lokal biasanya akan meniru inovasi dari produk luar, khususnya produk yang berhubungan dengan fashion. Hal ini yang membuat masyarakat Indonesia lebih tertarik dan memilih produk luar negeri.

Lokasi yang Kurang Memadai

Produk luar negeri biasanya dikemas khusus untuk dijual di gerai-gerai tertentu dan biasanya lokasinya pun strategis. Dengan adanya gerai-gerai tertentu, produk luar akan menjamin kualitasnya dibanding produk yang dijual selain di gerai mereka, sehingga konsumen pun akan lebih senang membeli langsung dari gerainya.

Baca juga :   Polisi Selidiki Dua Laporan Lain Terhadap Sandiaga Selain Kasus Penggelapan

Itulah beberapa alasan yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar dibanding lokal. Namun bagi Anda yang memiliki bisnis lokal tak perlu khawatir terhadap daya saing bisnis. Dengan melakukan promosi yang baik, produk Anda akan lebih dikenal dengan konsumen sehingga produk Anda siap menghadapi persaingan bisnis secara global.

sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/2017/4-alasan-kenapa-produk-luar-lebih-disukai-konsumen-indonesia

 

pingback : http://artikelseru.com/4-alasan-kenapa-produk-luar-lebih-disukai-konsumen-indonesia