10 Teknologi GAGAL Paling Bikin Heboh dalam 10 Tahun Terakhir

339 ‎مشاهدات

Ngomongin soal teknologi, pasti gak akan lepas dari yang namanya inovasi. Perusahaan-perusahaan teknologi pastinya berinovasi tiap kali menciptakan produk-produk terbarunya. Hasilnya? Banyak yang sukses dan disukai masyarakat, tapi gak sedikit yang gagal dan malah dianggap gak berguna.

Hasil yang keduanya pasti bukan yang diharapkan perusahaan, mengingat materi dan usaha yang dikorbankan untuk menjadikan produk tersebut. Tapi balik lagi, gak semua produk baru sukses dan disukai masyarakat. Berikut ini Jaka ulas sepuluh teknologi gagal yang paling bikin heboh dalam sepuluh tahun atau sedekade terakhir.

 

10 Teknologi Gagal Paling Bikin Heboh 10 Tahun Terakhir

1. Windows Phone

Coba mendobrak pasar yang tengah dikuasai Android dan iOS, Microsoft sempat pede kala menghadirkan smartphone dengan Windows sebagai OS di dalamnya atau yang biasa disebut Windows Phone. Meski produk andalannya, Lumia, terbilang tidak begitu buruk, Windows Phone tetap belum mampu mendobrak dominasi Android dan iOS.

Hingga pada Juli 2017, Microsoft memutuskan untuk menghentikan dukungannya pada proses produksi Windows Phone. Bahkan, produk teranyarnya Windows 10 Mobile pada pertengahan Oktober lalu resmi dinyatakan sudah bukan lagi jadi fokus utama perusahaan.

2. Hoverboard

Alat yang satu ini sejatinya diciptakan untuk pengalaman bermain skateboard yang lebih menyenangkan. Bahkan, alat ini juga diproyeksikan sebagai alternatif transportasi bagi manusia. Sayangnya, hoverboard masih bisa dikatakan belum sempurna, bahkan gagal jika melihat track record selama beberapa tahun ke belakang.

Baca juga :   Pilih mana? Lensa Sony E 50mm f/1.8 OSS atau FE 50mm f/1.8?

Banyaknya kasus hoverboard yang cepat panas hingga terbakar, kecelakaan yang terjadi akibat bertabrakan dengan kendaraan lain, dan beberapa kasus lainnya membuat kendaraan yang satu ini dirasa belum aman. Bahkan, beberapa retailer ternama seperti Amazon dan Target menghentikan penjualan benda satu ini.

3. Printer 3D

Printer yang mampu mencetak desain 2 dimensi alias 2D menjadi 3 dimensi atau 3D ini memang suatu inovasi teknologi yang menjanjikan. Sayangnya, biaya produksi yang sangat besar menghambat proyek printer 3D ini dibuat dalam jumlah besar. Selain itu, dengan biaya besar hasil cetak dalam beberapa uji coba juga belum tergolong memuaskan. Printer 3D sejauh ini hanya mampu mencetak bentuk yang tergolong kecil.

4. Kasus Hack Yahoo

Kali ini bukan kegagalan dalam penciptaan produk, melainkan kecolongan besar atau yang terburuk sepanjang sejarah Yahoo. Bayangkan, tiga milyar akun Yahoo berhasil disusupi hacker! Ya, tiga milyar akun! Hal itu kemudian semakin memperburuk citra Yahoo yang sebelumnya memang sudah kalah pamor dengan pesaing utamanya, Google.

5. Samsung Galaxy Note 7

Mendengar nama Galaxy Note 7, pikiran mayoritas pecinta gadget terutama smartphone pasti langsung tertuju pada kasus meledaknya banyak phablet tersebut. Digadang-gadang sebagai salah satu phablet yang akan menyaingin penjualan iPhone 7 saat itu, Samsung malah harus menanggung malu kala banyaknya kasus Galaxy Note 7 yang terbakar dan meledak.

Baca juga :   Saingi WhatsApp, Telegram Kini Bisa Kirim Video

6. Google+

Salah satu produk raksasa teknologi, Google, yang berambisi menggandeng banyak pengguna layaknya Facebook, Instagram, Snapchat hingga LinkedIn. Faktanya, memang banyak akun yang mendaftarkan diri ke Google+. Namun akun-akun tersebut hingga kini terhitung hanya menjadi akun pasif. Di tahun 2015 saja, dari total 2,2 milyar akun yang terdaftar, hanya 4-7 juta akun yang aktif melakukan aktivitas di Google+.

7. Smartwatch

Salah satu gadget yang juga menjanjikan di awal kemunculannya. Bahkan, tingkat pembeliannya tergolong tinggi pada awal masa perilisan beberapa merk smartwatch. Sayangnya, para produsen mengalami kesulitan untuk mempertahankan eksistensi smartwatch. Di tengah fitur smartphone dan tablet yang semakin canggih, smartwatch jadi kurang diperhatikan dan diminati masyarakat.

8. Update Windows 10

 

Satu lagi kegagalan dari Microsoft, yaitu pada Windows 10. Para pengguna Windows ibarat mendapat hadiah tak diinginkan saat menerima tawaran update Windows 10. Pasalnya, update Windows 10 ini dikabarkan membawa banyak malware yang menginfeksi banyak perangkat penggunanya. Microsoft pun mengakui kegagalan yang ada di Windows 10 tersebut.

Baca juga :   Mesin Canggih ini Dapat Melakukan Cuci Mobil Secara Otomatis

9. Amazon Fire Phone

 

Berstatus sebagai salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dalam bidang teknologi, Amazon tak ingin ketinggalan untuk ikut terlibat meramaikan pasar smartphone. Merilis Fire Phone di tahun 2014 lalu, Amazon berharap mampu menjadikannya salah satu smartphone yang patut diperhitungkan. Sayangnya, smartphone itu hanya mendapat review rata-rata dan jumlah penjualannya terbilang mengecewakan, yakni tak lebih dari 35.000 unit.

10. Theranos

Theranos sendiri kurang lebih adalah sebuah proyek inovasi yang membuat paramedis bisa melakukan tes darah tanpa harus mengambil darah dalam jumlah yang besar. Sayangnya, setelah menghabiskan biaya uji coba sebesar US$ 9 milyar, hanya 15 dari 240 tes yang dinyatakan akurat.

Alhasil, proyek ini kemudian dinyatakan gagal karena banyaknya hasil tidak akurat selama proses uji coba. Bahkan sang penemu Elizabeth Holmes, yang sebelumnya masuk dalam jajaran 400 orang terkaya majalah Forbes, harus didepak dari daftar karena kehilangan nyaris seluruh hartanya.

butuh rak minimarket dan produk plastik ? langsung aja cek di bawah

INFO PRODUK INFO ORDER

sumber : https://jalantikus.com/tips/teknologi-gagal/

pingback : https://www.artikelseru.com/10-teknologi-gagal-paling-bikin-heboh-dalam-10-tahun-terakhir

rak minimarket | kursi kantor | tempat sampah | aksesoris display | produk plastikkontainer industri | alat safety