Google Bikin Aplikasi Penguji Password, Begini Cara Kerjanya…

348 ‎مشاهدات

Jakarta – Google membuat sebuah aplikasi dalam bentuk ekstensi browser Chrome, yang fungsinya untuk mengecek silang password penggunanya dengan database password yang pernah menjadi korban peretasan. Begini cara kerjanya.

Password Checkup, nama ekstensi tersebut, ‘hidup’ di dalam browser Chrome. Ekstensi ini akan memberi peringatan ke pengguna ketika username atau passwordnya sudah tak aman lagi.

Definisi tak aman di sini adalah jika username atau password tersebut muncul dalam 4 miliar data yang dikumpulkan Google. Database ini berasal dari sejumlah peretasan yang pernah terjadi sebelumnya, yaitu ketika si hacker ‘melepas’ hasil aksinya ke dunia maya.

Saat ekstensi ini menemukan username atau password yang serupa dengan databasenya, mereka akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk memperbarui passwordnya, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Senin (11/2/2019).

Google Bikin Aplikasi Penguji Password, Begini Cara Kerjanya...Foto: Wired

Google juga menyebut tak akan pernah mengungkap informasi penggunanya dalam proses pengecekan ini. Artinya semua pengecekan akan dilakukan secara anonim.

Namun ada kalanya ekstensi ini juga tak akan melakukan pengecekan terhadap password penggunanya. Hal ini terjadi jika penggunanya memakai password yang terlalu tidak aman, seperti ‘123456’ dan sejenisnya.

Baca juga :   Filipina Umumkan Berakhirnya Pertempuran Melawan ISIS di Marawi

Saat pengguna masih menggunakan password semacam ini, sepertinya mereka memang tak peduli terhadap keamanannya di dunia maya. (asj/afr)

RELATED ITEMS